5 Spot Wisata Di Gunung Semeru Selain Puncak Mahameru

Semeru adalah salah satu gunung favorit bagi para pendaki, selain suguhan alamnya, Semeru juga punya aneka kisah yang membuat banyak orang merasa penasaran. Banyak pendaki yang mengincar puncak Mahameru sebagai tujuannya. Tapi, tidak sedikit pula yang memiliki untuk menikmati Ranu Kumbolo saja. outbound batu malang Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini merupakan gunung berapi yang memiliki keunikan lain, yaitu berada di dua kabupaten. Kalau kamu ingin melihat cantiknya Gunung Semeru tapi tidak mau mendaki hingga puncak, ini dia beberapa spot wisata yang bisa kamu kunjungi.

Ranu Pani

Danau ini akan kamu jumpai saat akan memulai perjalanan mendaki ke Gunung Semeru. Danau yang membentang seluas 1 hektar ini akan memanjakan matamu sebelum memulai pendakian. Sebelum melanjutkan pendakian ke Gunung Semeru, kamu wajin mendaftarkan diri terlebih dahulu di desa Ranu Pani ini.

Ranu Regulo

Jalan kaki sebentar saja dari Ranu Pani, kamu akan berjumpa dengan satu danau indah lagi bernama Ranu Regulo. Terletak di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di sini terasa dingin dan cocok untuk dijadikan lokasi berkemah. Ketika sore tiba, kamu bisa melihat langit ungu kejinggaan yang memantul di permukaan danau. Sedangkan pada pagi harinya, danau akan mengeluarkan embun dan kabut yang membuat suasananya terasa eksotis. Bahkan jika langit sedang cerah, kamu bisa melihat hamparan bintang dan juga milky way pada malam hari.

Ranu Darungan

Danau seluas 0,25 hektare ini memiliki pemandangan indah sekaligus mistis. Danau yang dikelilingi oleh tebing dan hutan ini menjadi rumah bagi satwa liar. Selain panoramanya, danau ini juga memiliki kisah sejarah dimana pada masa penjajahan Belanda tempat ini dugunakan sebagai konservasi anggrek dan tanaman obat. Danau satu ini juga memiliki nama lain yaitu Lingo Rekisi karena areanya yang dikelilingi oleh banyak pohon rekisi.

Ranu Kuning

Sebenarnya masih sedikit orang yang tahu keberadaan danau indah di Gunung Semeru ini. Karena letak dan jalurnya yang sulit untuk diakses. Danau yang terbentuk dari hujan ini sekilas sangat mirip dengan Ranu Pani. Namun karen masih sepi pengunjung, sajian alamnya pun terasa masih sangat alami.

Ranu Kumbolo

Pasti hampir semua orang kenal dengan Ranu Kumbolo yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru ini. Dari danau yang terletak di ketinggian 2.389 mdpl ini kamu bisa menyaksikan cantiknya sunrise di Ranu Kumbolo. Karena itulah banyak pendaki yang mendirikan tenda di sini, selain untuk beristirahat mereka juga ingin menantikan momen matahari terbit pada pagi hari.

Itulah beberapa spot wisata yang bisa kamu tuju saat bepergian ke kawasan Gunung Semeru. Walaupun tidak mendaki hingga ke puncak, pemandangan yang disajikannya pun sudah bisa menyihir pandanganmu untuk tidak berkedip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *