NOARS Rafting Probolinggo

 

noars rafting

NOARS Rafting – Probolinggo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur di kaki gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Pegunungan Tengger. Kabupaten Probolinggo terkenal sebagai kota dengan penghasil buah-buahan, sayur-sayuran dan hasil prekebunan yang lainnya. Probolinggo juga terkenal dengan berbagai macam kebudayaan atau kesenian khasnya, seperti Karapan Sapi, Kuda Kencak,  Tari Glipang, Tari Slempang, Tari Pangore dan Beragam kesenian dari masyarakat Suku Tengger. Jika anda berkunjung ke Probolinggo, rugi rasanya jika anda tidak mengunjungi tempat-tempat wisatanya yang terkenal, diantaranya ada Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura, Pulau Gili Ketapang yang terkenal dengan taman lautnya, Pantai Bentar, Candi Jabung, Ranu Segaran dan sumber air panasnya yang terletak di Desa Tiris, dan salah satunya yaitu Wisata Rafting di Sungai Pekalen.

noars rafting outbound paintball

Soal Rafting di Pekalen, NOARS Rafting akan mengajak anda untuk berpetualang mengarungi Sungai Pekalen atas dengan air sungainya yang jernih, jeram atau arus arusnya yang bervariasi dan tentunya sangat menantang. Pemandangan yang masih alami dan dijaga dengan air terjun yang bagus dan indah, flora fauna yang masih dijaga dan hidup liar, goa goa kelelawar. Berarung jeram akan memberi tantangan sekaligus keceriaan untuk melepas kejenuhan dari kegaiatan di rumah atau di perkotaan sehari-hari.

spot noars rafting

NOARS Rafting (The Center of Recreation) adalah operator atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa wisata arung jeram dan pelatihan sumber daya manusia. Berlokasi di Sungai Pekalen Atas, Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Probolinggo.

Kali ini kita bahas soal raftingnya nih, guys. Rafting merupakan kegiatan yang memadukan atau menggabungkan unsur olahraga, petualangan, rekreasi dan edukasi. Tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti kegiatan ini, karena hampir semua orang dapat mencoba kegiatan ini. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa, bahkan orang tua yang berumur 60 tahun sekalipun. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kemampuan berenang itu bukan menjadi hambatan untuk Anda mengikuti kegiatan Rafting Noars Probolinggo ini. Yang harus Anda persiapkan hanya kondisi fisik yang prima dan mengikuti tips Noars Rafting yang diberikan guide. Selain rafting juga ada lo kegiatan lainnya yang pastinya seru banget dan sayang kalo sampai nggak ikutan.

Kegiatan Outbound yang ada di NOARS Rafting

Adapun Kegiatan Outbound yang di kelola NOARS Rafting meliputi :

  1. The Amazing Rafting
  2. Camp Rafting
  3. Paint Ball
  4. Out bound Management Training
  5. Fun Gathering n Outing

Karakteristik sungai Pekalen Atas (NOARS Rafting)

  1. Sumber : Mata air Gunung Argopuro – Gunung Lamongan
  2. Lebar : 7 – 20 meter
  3. Kedalaman : 1 – 10 meter
  4. Jumlah Jeram : 50 jeram
  5. Tingkat kesulitan / Grade : 3+
  6. Panjang : 12 KM
  7. Waktu pengarungan : Kurang lebih 3 jam

Point of Interest (Titik-titik/Spot yang Menarik)

Di saat perjalanan rafting, peserta rafting akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah di sekitar Sungai Pekalen Atas, terdapat beberapa spot yang pastinya anda akan dibuat takjub olehnya, berikut adalah spot-spotnya :

  1. 7 Air terjun
  2. Gua Kelalawar
  3. Funtastic Jump

Fasilitas di NOARS Rafting

Noars menyediakan fasilitas yang lengkap dan pastinya membuat kalian aman dan nyaman sebelum rafting, ketika rafting, dan sesudah rafting, berikut adalah

  1. Asuransi / Insurance
  2. Welcome Drink
  3. Konsumsi, diantaranya adalah

– Meal atau Makan Siang,

– Snack seperti pisang goreng, dan

– minuman hangat seperti Teh Pokak dan STMJ

  1. Transport Lokal ( Base Camp – Start Area )
  2. Rafting Equipment

Yang harus anda bawa ketika melakukan kegiatan Rafting

  1. Sun Block / Pelembab untuk melindungi kulit dari sinar matahari
  2. Pakaian Ganti
  3. Perlengkapan Mandi
  4. Sepatu atau sandal
  5. Fresh Money atau (U-A-N-G) untuk beli souvenir / merchandise khas Probolinggo

Manfaat Rafting

Ada banyak manfaatnya lo kalo kita habis main Outbound, misalnya Rafting

, emang apa sih manfaatnya, berikut manfaat NOARS Rafting bagi kesehatan yaitu:

  1. Melepaskan kejenuhan dan stress
  2. Membentuk kerjasama tim
  3. Pemecah kebekuan (Ice breaking)
  4. Melatih mental keberanian dan daya juang
  5. Mempererat ikatan kekeluargaan/relasi
  6. Melatih ketepatan pengambilan keputusan dalam waktu cepat
  7. Latihan fisik / olah raga

Manfaat bagi perusahaan/group:

  1. Meningkatkan kerjasama team
  2. Menghilangkan kesenjangan akibat jenjang jabatan
  3. Menjadi sarana rekreasi yang meninggalkan kesan yang mendalam

Manfaat bagi individu:

  1. Melepaskan diri dari rutinitas
  2. Meningkatkan rasa percaya diri
  3. Meningkatkan keberanian
  4. Menggali sikap kepemimpinan
  5. Melatih ketepatan dalam mengambil keputusan

 

Berikut Sekilas informasi tentang NOARS Rafting Probolinggo, semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin mencari tempat rafting seru yang ada di Jawa Timur.

Sekian Terima Kasih… 🙂

Rafting Untuk Pemula

rafting untuk pemula
rafting untuk pemula

Rafting untuk pemula-Bagi kalian yang baru tahu yang namanya rafting atau belum penah mencoba rafting, apa salahnya jika kalian menyimak tips aman saat rafting untuk pemula. Kalian nantinya juga dapat melawan tantangan yang da pada rafting. Bagi kalian para pemula tidak usah takut karena kalian akan berwisata dengan berpetualang di aliran sungai dan mengikuti hingga akhir perjalanan. Dan berikut adalah tips aman saat rafting untuk pemula.

Rafting untuk pemula

Pilih tempat yang sesuai

Di sini kalian harus memilih tempat, kalo gak pilih-pilih gimana nantinya bener kan. Pilihlah tempat yang aman, nyaman, dan menakjubkan seperti di sungai Ayung Ubud Bali. Aliran sungainya termasuk tenang, dan cocok untuk para pemula rafting. Tapi, kalo kalian suka dengan agak tertantang maka apa salahnya mencoba sungai pekalen yang disediakan oleh para pendiri rafting. Dan cobalah dengan grade yang terbawah oke.

Memilih provider rafting yang terpercaya

Dari judul tersebut pilihlah provider yang terpercaya karena sangat dibutuhkan. Karena jika kita salah pilih maka akan terjadi hal-hal yang tidak diingikan, seperti fasilitas, pelayanan, dan harga. Jika kalian ingin mencari provider terpercaya maka carilah agen perjalanan yang memiliki sarana rafting yang indah, aman, dan nyaman.

Kondisi Tubuh

Rafting dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat karena jika sakit atau kurang sehat maka lebih baik ditunda. Kareana rafting membutuhkan tenaga yang banyak dan tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat kalian dapat bermain rafting dengan nyaman dan aman.

Keahlian berenang

Jika kalian tidak bisa berenang maka tidak usah takut karena masih aman, jika kalian memilih grade terbawah apalagi pasti aman. Dan ditambah lagi kalian ada pembimbingnya dari provider tersebut. Jika kalian bisa berenang tambah oke lagi. Kalo kalian tadak bisa diharpkan kalian beritahu terlebih dahulu kepada pembimbing rafting yang ada disana, jangan malu karena kalo kalian kelelep gimana jadinya. Malu bertanya kelelep kemudian, bener gak nih.

Batasan umur peserta rafting

Ada juga batasan-batasan umur yang diperbolehkan untuk malaksanakan rafting. Batasan umur tersebut dilakukan dari pertimbangan kuatnya arus air. Dan biasanya untuk anak-anak min umurnya 10 tahun keatas atau yang kuat berpeggangan dengan kuat. Tapi juga ada yang mengizinkan anak-anak denganumur 7 tahun karena aus airnya agak tenang dan aman.

Pakaian saat kegiatan

Lebih baik kalian gunakan baju yang tidak mudah menyerap air dan mudah untuk bergerak. Dan bagian bawah cukup pakai dengan celana pendek, jika bisa jangan gunakan sanadal jepit karena pasti akan hilang. Jika kalian hanya punya sandal jepit maka cobalah tidak memakai sandal.

Perlengkapan saat rafting

Perlengkapan pasti dapat ditemukan dan disediakan oleh para provider rafting.dan perlengkapannya yang pasti pelampung dan helm untuk menjaga keamanan. Pelampung digunakan agar kalian tidak kelelep di air meskipun bagi yang bisa berenang. Dan untuk helm kalian harus memilih yang pas, karena kalo kebesaran atau kekecilan pastigak nyamankan.

Pemanasan

Lakukanlah pemanasan agar otot-otot dalam tubuh tidak kaku. Karena jika kalian tidak pemanasan takutnya terkena keram pada saat melakukan rafting. Cobalah beberapa pemanasan ringan seperti melemaskan jari, lengan, kaki, dan leher.

Posisi duduk

Posisi duduk di perahu sangatlah memengaruhi, karena posis duduk untuk menyeimbangkan perahu karet. Disarankan untuk duduk di tepi perahu dan posisi ini juga dapat memudahkan kalian untuk mendayng, tapi biasanya sudah diatur oleh pembimbng.

Dayung

Cara memegang dayungpun juga harus benar, dan mendayungnya dengan kekuatan tangan. Pembimbing akan menyeimbangkan perahu dan memberikan arahan untuk mendayung. Genggam dayung dengan tangan kanan jika salah satu dari kalian berada di kanan dan tangan kiri digunakan untuk memegang tongkat dayung.

Aba-aba mengayuh

Sebaiknya kalian mendengarkan intruksi dari pembimbing karena ini memengaruhi keselamatan juga, jika tidak mendengarkan maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Instruksi-instruksi ini berupa stop mendayung, berpindah, dan lain sebagainya. Perlu diingatkan kalian harus mendengarkan perintah atau instruksi dari pembimbing.

Permintaan berhenti

Jika salah satu dari kalian yang sudah tidak kuat atau takut pada saat mengahadapi tantangan yang buat kalian cukup susah, maka mintalah kepada pembimbing untuk berhenti dan tidak ikut dalam perahu. Kemudian kalian menunggu sampai jeram terlewati, jika sudah terlewati maka kalian ikut serta kembali ke perahu tanpa melewati tantangan yang kalian ukur sudah cukup tinggi dan sampai merasa takut.

Saat peserta terjatuh

Saat terjatuh kalian yang tidak bisa berenang maka terlentanglah dan kaki di angkat menghadap ke hilir sungai untuk menahan batu dengan kaki kalian. Ingat kalian hanya perlu mengikuti arus. Tapi, jika masih jauh pembimbing sudah menyiapkan tali yang cukup panjang untuk kalian yang jatuh.

Saat perahu terbalik

jika perahu yang kalian tempati itu terbalik, maka tetaplah tenang. Kareana dalam badan perahu sudah ada ceah untuk udara masuk. Dan kalian masih bisa bernafas dan pembimbing akan mencoba keluar tanpa terbentur.

nah, mungkin yang bisa saya sampaikan di outbound malang, maka dari tut saya ucapakan terimakasih. good bye.

Rafting Regulo

rafting regulo
rafting regulo

Rafting Regulo-Hei semua, kira-kira kabarnya kalian kek gimana ya. Oke, kali ini saya akan memberikan informasi tentang Rafting Regulo atau biasa disebut dengan regulo. Dengan begini kalian bisa tahu infonya, kalo yang belum tahu ni ye. Oke berikut informasinya

Tentang Rafting Regulo

Rafting Regulo sudah ada sejak 2002, dan Regulo adalah induk dari arus liar Jakarta. Regulo sendiri didirikan oleh para ahli dalam bidang adventure. Para ahli tersebut antara lainyaitu Lody Korua, Amalia Yunita, Ita Budhi, Taufik Tri Wahyudi, dan Agus Sudharmo.

Regulo sudah memenuhi standart keselamatan dan pastinya pelayanannya bagus. Selain rafting Regulo juga menyediakan paket wisata lainnya seperti outbound, paintball, tracking, dan lain sebagainya.

Paket Regulo

Paket  Regulo menggunakan paket yang berbeda dengan menggunakan kode, seperti rafting dari paket kode A1 sampai kode B4. Dan berikut paket-paket yang disediakan oleh Regulo dan pastinya berkualitaslah.

Rafting

  • Kode A1 rafting only dengan jarak 7 kilomter/1.5 jam 10 pax yang memiliki harga 90 ribu rupiah.
  • Kode B1 fun rafting dengan jarak 8 kilomter/2 jam 10 pax yang memiliki harga 179 ribu rupiah.
  • Kode B2 adventure rafting dengan jarak 13.5 kilomter/3 jam 10 pax yang memiliki harga 235 ribu rupiah.
  • Kode B3 night rafting dengan jarak 8 kilomter/2 jam 10 pax yang memiliki harga 154 ribu rupiah.
  • Kode B4 moonlight rafting dengan jarak 13.5 kilomter/3 jam 10 pax yang memiliki harga 280 ribu rupiah.

 Tubing

  • Kode A2 fun tubing dengan jarak 0.75 kilomter min. 4 pax yang memiliki harga 28 ribu rupiah.
  • Kode A3 adventure tubing dengan jarak 2 kilometer min. 4 pax yang memiliki harga 55 ribu rupiah.

 Camping

  • Kode C1 fun camping dengan min. 10 pax yang memiliki harga 73 ribu rupiah.
  • Kode C2 adventure camping min. 10 pax yang memiliki harga 302.5 ribu rupiah.

   Outing

  • Kode C4 fun outing dengan min. 40 pax yang memiliki harga 145 ribu rupiah.
  • Kode C5 adventure outing dengan min. 40 pax yang memiliki harga 370 ribu rupiah.

Manfaat Rafting

Manafaat rafting atau arum jeram sebenernya banyak tapi admin akan memberikan sebagian saja oke. Dan berikut adalah beberapa manfaat rafting.

Manfaat Secara Fisik

  • Terlatihnya Kekuatan Otot

Dari sini kita dapat melihat bahwa otot akan terlatih, karena kita harus dapat menyeimbangkan perahu agar kita tudak terjatuh. Dan jika airnya tidak terlalu banyak bergerak, maka peserta akan mendayng dengan menggunakan dayung yang disediakan dan itupun melatih otot tangan.

  • Terbakarnya Kalori Dalam Tubuh

Pembakaran kalori di sini, disebabkan karena kita menggerakkan tubuh secara berulang dan otomatis kalori dalam tubuh kita akan terbakar dengan sendirinya. Dan saat airnya stabil kita akan mendayung untuk mencapai tujuan dengan dayungan itu kalori juga bisa terbakar.

  • Memperkuat Otot Jantung

Di rafting yang membuat kuatnya otot jantung adalah rasa takut kita untuk melawan jeram tersebut. Dengan rasa takut ini kita jantung akan bergerak lebih cepat dan otot jantung pun akan memompa lebih cepat.

  • Bersihnya Paru-paru

Kenapa kok bisa membersihkan paru-paru, karena kita menghirup udara yang bersih. Dan itupun pastinya jauh dari area perkotaan yang banyak polusi udara mulai dari kendaraan, pabrik, dan lain sebagainya.

  Manfaat Secara Mental

  • Relaksnya pikiran

Dengan pemanadangan yang keren dan indah yang disertai dengan suara arus sungai.   Hal ini akan membuat kalian dapat menghilangkan pikiran-pikiran yang menjadi beban dalam kehidupan ditambah lagi udara yang segar yang dapat dipastikan pikiran yang jadi beban akan hilang.

  • Hilangnya stress

Rafting akan menjadikan alternative untuk kalian agar stress dapat hilang, jika itupun kalian suka dengan yang namanya rafting pasti ilang tuh pikiran yang buat jadi stress, bener gak.

  • Dapat melawan rasa takut

Mereka yang taku tidak bisa berenang munkin tegang ya, tapi di sini akan diberi cara, teknik, dan motivasi untuk melawan rasa takut pada air karena tidak dapat berenang.

  • Kuatnya ikatan persahabatan

Hal ini disebabkan karena kerja sama tim atau kelompok yang mana mereka harus kompak dalam melaksanakan rafting. Dan itupun pastinya seru banget.

Moonlight Rafting

Kalo kalian mengganggap rafting itu biasa saja, apa salahnya kalian mencoba yang lebih anti mainstream atau gak biasa maksudnya yaitu adalah moonlight rafting. Di sini kalian akan menerima paket moonlight rafting yaitu rafting pada saat malam hari. Mungkin akan seru dan deg-degan gitu ya. Bayangin deh kalo misalnya bermain rafting pada malam hari pasti sangta menegangkan karena tidak terlihatnya bebatuan di sekitar singai. Dan itupun butuh mental dan fisik yang amat kuat men.

Outbound Regulo

Regulo tidak hanya menawarkan rafting loh. Di sini kalian akan mendapat outbound juga, dan outbound regulo berbeda dengan outbound di sekitar probolinggo.

Pertama, mereka menggunakan konsep outbound yang basisnya psikologi. Dengan kata lain akalian akan dinilai tingkat psikolog kalian. Dana kalian akan di awasi setiap perilaku kalian saat bermain outbound.

Kedua, mereka akan membuat laporan tentang psikolog kalian setelah kagiatan. Dengan lapaoran ini kalian dapat meningkatkan lagi kualitas masing-masing dri kalia.

Ketiga, training indoor yang bertujuan menjadi penyemangat hidup seperti training motivation.

Manfaat Airsoft Gun

Airsoft gun adalah permainan yang menggunakan alat tembak denganpeluru kecil-kecil seperti bola. Tapi kalian jangan kuatir karena kalian akan diwajibkan memakai perlengkapan yang standart dan pastinya aman. Dengan permainan ini kalian dapat melatih fisik karena ini adalah simulasi perang, selain untuk fisik kalian juga dapat melatih ketajaman insting. Kalian harus bisa menepatkan posisi agar kalian tidak terlihat oleh tim musuh. Dan kalian bermaian ini dapat merasakan serunya main tembak-tembakan secara live, jadi tidak hanya main di game.

Paintball

Kalo tadi tembak-tembakannya pake peluru kecil-kecil, sekarang kalian akan bermain tembak-tembakan dengan menggunakan bola cat dan pastinya seru. Harga paketnya pun juga ada, yaitu  harganya 175 ribu rupiah perorangan dan minimal 20 orang. Dan juga ada skenario permainan, dan berikut skenarionya.

  • Capture The Flag

Misinya adalah setiap tim harus mengambil bendera agar menang dan di permainan ini kalian akan merebutkan bendera.

  • Elimination

Misinya adalah kalian menembakan peluru kemusuh dengan teliti dan kalian hasru dapat bertahan sampai batas waktu yang di tentukan.

  • VIP Escort

Misinya adalah tamu VIP yang harus dikawal dan menjaganya agar tidak tertembak.

  • Mutans

Di skenario ini kalian menembakan peluru kea rah tim yng menjadi mutan jika kalian tertembak oleh mutan kalian akan menjadi mutan. Jika kalian mutan maka saat tertembak kalian akan hidup kembali dalam jangka wakatu 10 menit.

Firewalking Training

Kegiatan ini dirancang untuk kalian yang ingi keluar dari zona nyaman. Kalian akan melewati api dengan berjalan diatasnya dan kalian akan memikirkan untuk keluar dari rasa takut yang kalian miiliki. Permainan ini mejadi salah salah satu motivasi agar kita dapat keluar dari hal- hal yang tidak mungkin, karena di sini kita harus mengatakan saya harus bisa, tidak ada yang mustahil, dan lain sebagainya.

oke mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan. info lebih lanjut klik regulo

 

Songa Adventure

songa adventure
songa adventure

Songa Adventure-Kali ini saya akan memberikan informasi tentang Songa adventure yang berada di Kota kecil di bawah Gunung Bromo yaitu Kota Probolinggo. Jika kalian ingin ke songa adventure apa salahnya membaca ini sampai akhir, oke.

Songa Adventure: Sejarah Sungai Pekalen

Sungai Pekalen bawah memiliki cerita tersendiri dan memiliki dua kisah yaitu. Kisah pertama,  alkisah Sang Prabu Hayam Wuruk bersama Patih Gajah Mada beliau berkunjung ke tempat-tempat eksotis di seluruh Pulau Jawa. Tempat yang dikujungi antara lain air terjun madakaripura, da beberapa tempat di probolinggo seperti bremi, tongas, jabung, binor, pajarakan, borang, sagara, gending, ketompen, dan lain sebagainya. Dan sungai pekalen menjadi salah satu tempat favorit dari Patih Gajah Mada. Kisah kedua,dulu ada Ratu Dewi Rengganis yang telah memutuskan untuk berhenti memebangaun istana di sisi sungai dan kemudian melarikan diri ke gunung argopuro.

Pengertian Songa

Basecamp utama songa adventure berada di kecamatan Probolinggo, dan sungai yang digunakan adalah sungai pekalen, di gunakan karena indahnya sungai tersebut. Dan juga dengan dekatnya antara probolinggo dengan gunung bromo dan sungai yang melegenda. Kenapa dinamai dengan songa, karena sebagian besar orang Probolinggo menggunakan bahasa Madura dalam bahasa sehari-hari. Mereka menggunakan kata songai yang memiliki arti sungai atau dalam bahasa jawa kali dan akhirnya usaha rafting ini dinamai  menjadi songa adventure yang diamabil dari bahasa Madura.

Rafting di Songa

Songa rafting melakasanakan kegiatan ini di sungai Pekalen yang dimana kalian akan belajar kekompakan dengan para sahabat kalian men. Di sana kalian akan melalui jenis jeram di sungan Pakelan yaitu welcome, pandawa, xtravaganza, batu jenggot, KPLA, triple ace, the fly matador, rajawali, long rapid, cucak rowo, inul, dan goodbye. Tingkat kesulitannya pun juga dibedakan dan dapat dipilih yaitu dari grade I sampai grade III+.

Biaya rafting

Harga di songa pun juga lumayan mahal karena mereka mengutamakan keselamatan wisatawan. Harganya juga bervariasi dan harganya tergantung dari fasilitas dan tempat rafting. Songa adventure menawarkan dua paket dalam rafting yaitu songa atas dan songa bawah.

Songa atas

Jika kalian ingin menikmati pengalaman yang bisa dibilang wow ya aku saranin deh pilih paket songa atas, karena di sana kalian akan melihat kelelawar yang berada di gua dan pemandangan hutan yang indah. Dan harga paketnya pun juga berbeda, untuk wisatawan lokal sekitar 350 ribu rupiah, sedangkan wisatawan asing sekitar 450 ribu rupiah.

Songa bawah

Jika kalian memilih songa bawah kalian akan disuguhi keindahan budaya lebih dekat dan menikmati karifan lokal. Harga paketnya pun juga berbeda, hampir sama dengan songa atas yaitu untuk wisatawan lokal sekitar 300 ribu rupiah, sedangkan wisatawan asing sekitar 400 ribu rupiah.

Outbound songa adventure

Jika kalian belum bisa berenang dan akhirnya takut untuk mencoba arum jeram, maka di songa juga menyediakan outbound sebagai solusinya. Kalian akan bermain dengan seru dan menyenangkan, apalagi bermain secara berkelompok dan indvidu. Songa menyediakan outbound dengan sistem paket minimala harus 30 orang dan harganya 360 ribu rupiah per orang.

Paintball Songa

Bagi kalian yang suka perang-peragan atau game tembak-tembakan, apa salahnya mencoba paintball di songa. Di sana kalian akan menggunakan senjata asli dengan peluru bola yang berisikan cat. Yang jelas biar gak cepet matinya, kalo pake peluru asli ya pastinya mati dong gimana bro. Kalian akan bermain paintball secara kelompok dan mengatur strategi di masing-masing kelompok. Permainan ini sangatlah aman karena kalian akan menggunakan alat-alat yang sesuai standart dan dijaga oleh fasilator yang pro.

Flying Fox songa

Bagi kalian yang tidak suka berkelompok, maka cobain flying fox di songa kalian akan merasakan keseruannya. Kalian yang takut ketinggian mungki gak perlu takut, karena di sana juga menggunakan peralatan dan pendamping biar gak takut gitu. Permainan ini yang dipacu dengan menggunakan tali yang mana kalian meluncur dari ketnggian. Pastinya permainan ini seru jika kalian mencobanya. Cobain deh gak bakal nyesel.

Penginapan  Dekat Songa

Kalo kalian lelah setelah mencoba rafting atau yang datangnya sore dan itupun gak memungkinkan untuk rafting, jadi apa salahnya jika kalian mencoba penginapan di sekitar songa. Di sekitar songa ada banyak penginapan, Rata-rata harganya di bawah 100 ribu rupiah, kalo masalah fasiltas pastinya sudah cukup. Tapi, jika kalian medapatkan harga di atas 100 ribu rupiah, kalian akan medapat fasilitas yang lebih mewah. atau boleh juga mencoba penginapan yang sudah disediakan oleh songa yaitu Griya Condong. Penginapan ini terbuat dari bambu kalian akan merasa di tengah alam. Dan kalian akan merasakan sejuknya udara pagi khas pegunungan yang pastinya sejuk. Dan kalian besoknya pasti bisa mencoba permainan yang disediakan oleh songa atau melaksanakan rencana rafting di songa.

Semoga kalian berminat untuk pergi ke sana dan kalo bisa nginap ya yang dari luar kota oke bro.