Rafting Untuk Pemula

Rafting Untuk Pemula

rafting untuk pemula
rafting untuk pemula

Rafting untuk pemula-Bagi kalian yang baru tahu yang namanya rafting atau belum penah mencoba rafting, apa salahnya jika kalian menyimak tips aman saat rafting untuk pemula. Kalian nantinya juga dapat melawan tantangan yang da pada rafting. Bagi kalian para pemula tidak usah takut karena kalian akan berwisata dengan berpetualang di aliran sungai dan mengikuti hingga akhir perjalanan. Dan berikut adalah tips aman saat rafting untuk pemula.

Rafting untuk pemula

Pilih tempat yang sesuai

Di sini kalian harus memilih tempat, kalo gak pilih-pilih gimana nantinya bener kan. Pilihlah tempat yang aman, nyaman, dan menakjubkan seperti di sungai Ayung Ubud Bali. Aliran sungainya termasuk tenang, dan cocok untuk para pemula rafting. Tapi, kalo kalian suka dengan agak tertantang maka apa salahnya mencoba sungai pekalen yang disediakan oleh para pendiri rafting. Dan cobalah dengan grade yang terbawah oke.

Memilih provider rafting yang terpercaya

Dari judul tersebut pilihlah provider yang terpercaya karena sangat dibutuhkan. Karena jika kita salah pilih maka akan terjadi hal-hal yang tidak diingikan, seperti fasilitas, pelayanan, dan harga. Jika kalian ingin mencari provider terpercaya maka carilah agen perjalanan yang memiliki sarana rafting yang indah, aman, dan nyaman.

Kondisi Tubuh

Rafting dibutuhkan kondisi tubuh yang sehat karena jika sakit atau kurang sehat maka lebih baik ditunda. Kareana rafting membutuhkan tenaga yang banyak dan tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat kalian dapat bermain rafting dengan nyaman dan aman.

Keahlian berenang

Jika kalian tidak bisa berenang maka tidak usah takut karena masih aman, jika kalian memilih grade terbawah apalagi pasti aman. Dan ditambah lagi kalian ada pembimbingnya dari provider tersebut. Jika kalian bisa berenang tambah oke lagi. Kalo kalian tadak bisa diharpkan kalian beritahu terlebih dahulu kepada pembimbing rafting yang ada disana, jangan malu karena kalo kalian kelelep gimana jadinya. Malu bertanya kelelep kemudian, bener gak nih.

Batasan umur peserta rafting

Ada juga batasan-batasan umur yang diperbolehkan untuk malaksanakan rafting. Batasan umur tersebut dilakukan dari pertimbangan kuatnya arus air. Dan biasanya untuk anak-anak min umurnya 10 tahun keatas atau yang kuat berpeggangan dengan kuat. Tapi juga ada yang mengizinkan anak-anak denganumur 7 tahun karena aus airnya agak tenang dan aman.

Pakaian saat kegiatan

Lebih baik kalian gunakan baju yang tidak mudah menyerap air dan mudah untuk bergerak. Dan bagian bawah cukup pakai dengan celana pendek, jika bisa jangan gunakan sanadal jepit karena pasti akan hilang. Jika kalian hanya punya sandal jepit maka cobalah tidak memakai sandal.

Perlengkapan saat rafting

Perlengkapan pasti dapat ditemukan dan disediakan oleh para provider rafting.dan perlengkapannya yang pasti pelampung dan helm untuk menjaga keamanan. Pelampung digunakan agar kalian tidak kelelep di air meskipun bagi yang bisa berenang. Dan untuk helm kalian harus memilih yang pas, karena kalo kebesaran atau kekecilan pastigak nyamankan.

Pemanasan

Lakukanlah pemanasan agar otot-otot dalam tubuh tidak kaku. Karena jika kalian tidak pemanasan takutnya terkena keram pada saat melakukan rafting. Cobalah beberapa pemanasan ringan seperti melemaskan jari, lengan, kaki, dan leher.

Posisi duduk

Posisi duduk di perahu sangatlah memengaruhi, karena posis duduk untuk menyeimbangkan perahu karet. Disarankan untuk duduk di tepi perahu dan posisi ini juga dapat memudahkan kalian untuk mendayng, tapi biasanya sudah diatur oleh pembimbng.

Dayung

Cara memegang dayungpun juga harus benar, dan mendayungnya dengan kekuatan tangan. Pembimbing akan menyeimbangkan perahu dan memberikan arahan untuk mendayung. Genggam dayung dengan tangan kanan jika salah satu dari kalian berada di kanan dan tangan kiri digunakan untuk memegang tongkat dayung.

Aba-aba mengayuh

Sebaiknya kalian mendengarkan intruksi dari pembimbing karena ini memengaruhi keselamatan juga, jika tidak mendengarkan maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Instruksi-instruksi ini berupa stop mendayung, berpindah, dan lain sebagainya. Perlu diingatkan kalian harus mendengarkan perintah atau instruksi dari pembimbing.

Permintaan berhenti

Jika salah satu dari kalian yang sudah tidak kuat atau takut pada saat mengahadapi tantangan yang buat kalian cukup susah, maka mintalah kepada pembimbing untuk berhenti dan tidak ikut dalam perahu. Kemudian kalian menunggu sampai jeram terlewati, jika sudah terlewati maka kalian ikut serta kembali ke perahu tanpa melewati tantangan yang kalian ukur sudah cukup tinggi dan sampai merasa takut.

Saat peserta terjatuh

Saat terjatuh kalian yang tidak bisa berenang maka terlentanglah dan kaki di angkat menghadap ke hilir sungai untuk menahan batu dengan kaki kalian. Ingat kalian hanya perlu mengikuti arus. Tapi, jika masih jauh pembimbing sudah menyiapkan tali yang cukup panjang untuk kalian yang jatuh.

Saat perahu terbalik

jika perahu yang kalian tempati itu terbalik, maka tetaplah tenang. Kareana dalam badan perahu sudah ada ceah untuk udara masuk. Dan kalian masih bisa bernafas dan pembimbing akan mencoba keluar tanpa terbentur.

nah, mungkin yang bisa saya sampaikan di outbound malang, maka dari tut saya ucapakan terimakasih. good bye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *